Cara Bermain C Major Scale di Ukulele

Imajisemu-Bermain-Major-Scale-Ukulele

ImajiSemu.com – Bermain ukulele merupakan salah satu hobi yang Gue sukai. Sebagai sebuah pengingat, dan mencoba merangkum kedalam 1 Catatan Pengetahuan Imajisemu bagaimana Cara Bermain C Major Scale di Ukulele. Semoga pembahasan pada Cara Bermain C Major Scale di Ukulele ini dapat memberikan banyak manfaat.

Pada dasarnya, scale adalah sebuah catantan yang diatur/disusun naik dan turun. Setiap scale dibangun atas root note yang disebut Tonic. Jadi dalam C Major Scale, the Tonic note of the scale adalah not C. Karena tangga nada hanya ada 12 maka scale pun ada 12. Apabila kita sudah menguasai C Major Scale, kita dapat dengan mudah memodifikasinya pada saat bermain Major Scale lainnya.

Mengapa Perlu Belajar Scale

Oke untuk menghafal Scale dan Pattern merupakan latihan yang baik untuk otak kita, namun dalam prosesnya hal itu akan menjadi amat membosankan karena yang kita lakukan monoton. Namun, ketika kita ingin menjadi seorang yang profesional, tentunya perlu banyak proses yang dilalui, salah satunya melatih jari agar mudah menari ketika diatas fretboard ukulele. Belajar Scale dan Pattern akan sangat menyenangkan karena untuk melengkapi pengetahuan kita akan alat musik yang kita mainkan yaitu dalam hal ini ukulele. Scale memungkinkan kita mengerti lagu apa saja by giving you a context and a framework for the chords and notes you’re playing.

Jika kita mengetahui Scales, kita tidak memerlukan lagi chord diagram (seperti library chord) untuk memberi tahu kita cara memainkan chord tertentu. Ini berarti ketika kita melihat chord aneh seperti Gadd9, kita tahu not mana yang perlu ditambahkan kedalam chord dan di mana menambahkannya pada fretboard ukulele untuk menjadikan chord sebagai nada “add9”.

Jika Anda seorang penulis lagu dan you know your Scales, maka Anda memiliki palet opsi kreatif yang dapat Anda pilih untuk membangun dan membuat lagu yang indah dan mudah diingat.

Jika Anda menikmati finger picking songs Anda dapat melihat lembaran musik dan tahu persis not apa yang harus diputar dan di mana memainkannya di fretboard.

Memang benar bahwa Anda dapat memutar ratusan lagu tanpa mengetahui apa-apa tentang skala atau teori musik, tetapi jika Anda benar-benar ingin membawa permainan ukulele Anda ke tingkat berikutnya, dan membuka banyak pilihan kreatif, belajar Scales menjadi sangat penting.

Bagaimana Cara Bermain C Major Scale

Untuk belajar scale, kita mulai dengan C Major Scale karena ini satu-satunya major scale without any sharps or flats. Jika Anda sama sekali tidak asing dengan piano, maka C Major Scale hanya dimainkan pada tombol putih (tidak ada tombol hitam).
Hanya ada tujuh not yang berbeda dalam C Major Scale.

C Major Scale menggunakan catatan: C, D, E, F, G, A, B.

ukulele-major-scale-imajisemu
C Major Scale di Ukulele

Seperti yang Anda lihat on the above musical staff, C Major Scales dimulai pada nada C lalu naik ke B. Setelah nada B, mengulang lagi namun pada nada C yang lebih tinggi 1 octave.

Interval

The quality of a scale (e.g. major, minor, etc.) is determined by the intervals between the notes of the scale. Interval yang ingin kita perhatikan adalah interval setengah langkah dan seluruh langkah.

whole-step-fretboard-imajisemu
Setengah langkah & seluruh langkah Intervals

Seperti yang dapat Anda lihat, saat Anda memainkan a note one fret higher than the original note, ini adalah interval setengah langkah. Saat Anda memainkan a note two frets higher than the original note, ini merupakan interval dari seluruh langkah.

Major Scale memiliki spesific pattern atau arrangement of whole steps and half steps.

Major Scale Interval Pattern

Bagian ini adalah kunci untuk playing ANY major scale pada ukulele.

Jika kita melihat tuts piano, maka mudah untuk melihat pola yang kita gunakan untuk Major Scale. Karena dalam pelajaran ini kita melihat C Major Scale, scale yang diperlihatkan pada tuts piano adalah C Major Scale.

c-major-scale-piano-imajisemu
C Major Scales on Piano

Sekali lagi, karena ini adalah C Major Scale, there are no sharps or flats (kita tidak perlu memainkan toots hitam). Jika kita mulai dengan nada C di ujung kiri dan naik ke nada B di sebelah kanan, kita dapat melihat bahwa interval pattern untuk major scale is whole, whole, half, whole, whole, whole, half.

Jika kita mengetahui pattern ini berarti kita dapat mulai dengan nada ukulele apa saja. Terapkan interval pattern dari whole steps and half steps, dan kita punya Major Scale.

Cara Bermain C Major Scale di Ukulele

Sekarang kita tahu bagaimana Major Scale dibuat, kita dapat menerapkan struktur ini untuk bermain scale apapun. Kita ingin start learning the C Major Scale karena it has no sharps or flats. Jika kita tahu C Major Scale, kita dapat menggunakannya sebagai starting point for easily learning scales lain.

Cara Termudah Untuk Memainkan C Major Scale

Kita dapat menerapkan whole step, half step interval pattern untuk banyak note to build a major scale. Namun untuk memainkan C Major Scale kita perlu build our major scale by starting on a C note (tonic). Masuk akal.

Mari kita gunakan open C string (second to top string) sebagai starting point to build our C major scale:

c-major-scale-1-imajisemu
Starting Point to Build our C Major Scale

Seperti yang Anda lihat, kita mulai dengan plucking our open C string. Karena kita tahu bahwa interval pertama dari Major Scale pattern adalah whole step, dan kita tahu kita harus naik 2 fret (whole step) untuk sampai ke nada D. Dari sana kita lanjut terapkan whole step, half step pattern of a major scale. Karena kita memulai dengan nada C, maka ini adalah C Mayor Scale.

Cara Paling Praktis untuk Memainkan C Major Scale

Semua tentang scales di ukulele is that it isn’t very practical to play a scale just on one string. Cara terbaik untuk mempelajari scale di ukulele adalah untuk learn them across all the strings and in different positions. Ada lima posisi dari mana kita bisa memainkan not C Major Scale di fretboard ukulele. Untuk semua posisi ini, nada biru menunjukkan nada tonic dari skala C major (nada C adalah tonik).

C Major Scale: Posisi #1

c-major-position-1-imajisemu
C Major Scale: Posisi #1 >

Untuk posisi ini, Anda dapat menetapkan jari telunjuk untuk mengacak salah satu note yang termasuk dalam fret pertama. Tetapkan jari tengah Anda to fret any of the notes that fall in the 2nd fret, jari manis ke fret ke-3, dan kelingking ke fret ke-4.

C Major Scale: Posisi #2

c-major-position-2-imajisemu
C Major Scale: Posisi #2

Seperti posisi terakhir, tetapkan jari telunjuk, jari tengah, jari manis, dan jari kelingking Anda to fret the notes that fall between the 2nd and 5th frets.

C Major Scale: Position #3

c-major-position-3-imajisemu
C Major Scale: Position #3

Posisi ini sedikit berbeda. Untuk nada pada dua senar teratas, keempat jari Anda akan melayang di atas fret ke-4 dan ke-7. Saat Anda mendapatkan not pada dua senar terbawah, jari-jari Anda akan bergeser untuk hover over ke fret ke-5 dan ke-8 frets to fret the notes.

C Major Scale: Position #4

c-major-position-4-imajisemu
C Major Scale: Position #4

Letakkan empat jari Anda untuk menggerakkan not yang jatuh di antara fret 7 dan fret 10.

C Major Scale: Position #5

c-major-position-5-imajisemu
C Major Scale: Position #5

Ini adalah posisi lain di mana Anda perlu menggeser jari Anda. Untuk not yang dimainkan pada dua senar teratas, arahkan keempat jari Anda ke fret 9 hingga 12. Untuk not yang dimainkan pada dua senar terbawah, letakkan keempat jari Anda di fret 10 hingga 13.

Jika Anda memiliki ukulele berukuran lebih kecil, it’s quite possible you don’t even have enough frets to play this 5th position. Tidak apa-apa!

Cara Mempraktikkan Posisi Scale

Mempelajari pattern dari lima posisi yang berbeda ini sebenarnya sangat mudah dengan sedikit latihan. Anda akan menemukan bahwa pola-pola ini mudah diingat dan tidak terlalu sulit untuk dimainkan dalam jangka panjang. Tantangan terbesar adalah mengingat the individual not names. Jadi saat Anda berlatih, penting untuk mengatakan dengan keras not/nada yang Anda petik.

Dan sangat penting untuk mengingat di mana nada tonic berada di fretboard. Jika Anda dapat menemukan nada tonic, you can more easily figure out how to play the rest of the scale. Ketika Anda mempraktikkan posisi scale ini, saya hanya akan merekomendasikan 15 hingga 30 menit sehari. Anda dapat berlatih lebih banyak jika Anda mau, tetapi ketahuilah otak Anda perlu istirahat untuk mempertahankan scale yang berbeda ini.

C Major Scales Semua Posisi

c-major-all-positions-imajisemu
C Major Scales Semua Posisi

Demikian posting-an ini selesai, semoga bermanfaat.

Cara Bermain C Major Scale di Ukulele
Kembali ke Atas
error: Silahkan tekan tombol share di bawah artikel jika diperlukan.
×

Hai!

Kamu bisa chat via Whatsapp atau Kamu bisa kirim email untuk ngobrol lebih lanjut ke [email protected]

× Chat Me