Pengetahuan Digital Marketing Dasar Untuk Pemula

Imajisemu-Pengetahuan-Digital-Marketing-Dasar-Untuk-Pemula

ImajiSemu.com – Di era digital saat ini kebanyakan dari kita pasti tahu setidaknya pengertian digital marketing itu apa, untuk apa, dan apa saja yang termasuk didalamnya.

Tulisan ini dibuat karena kebutuhan penulis sendiri terkait hausnya akan belajar dan agar yang didapat tidak lupa begitu saja. Tulisan ini dibuat tanpa ada maksud menggurui atau merasa lebih paham dari siapapun. Karena diluar sana masih banyak yang lebih paham akan pemasaran digital itu sendiri. Langsung saja ke pembahasan.

Digital Marketing

Apa itu digital marketing dan contohnya?

Sekilas hanya ingin me-refresh tentang apa itu digital marketing. Sebelum kita membahas, ada baiknya kita mengetahui dahulu apa itu pemasaran. Pemasaran merupakan rangkaian usaha untuk menyebarluaskan dan menawarkan sesuatu baik itu barang maupun jasa sehingga tujuan tercapai.

Lalu apa itu digital marketing atau pemasaran digital ? Jadi pemasaran digital bisa diartikan sebagai pemasaran suatu barang maupun jasa yang segala sesuatunya dilakukan dengan media berbentuk digital dan sebagian besar membutuhkan koneksi internet. Kenapa ada pemasaran digital ? Karena tujuan dari pemasaran melalui digital adalah untuk menjangkau pelanggan sebanyak-banyaknya tentunya secara personal karena langsung menuju pengguna media itu sendiri, dibuat dengan relevan agar bisa menjadi efisien.

Pemasaran digital memerlukan pengetahuan tentang pasar dan tentunya pengetahuan tentang teknik dalam teknologi yang selalu berkembang setiap hari. Karena pemasaran digital akan melakukan berbagai macam pemasarannya melalui berbagai platform digital.
Masa pemasaran via digital ini sudah berkembang mulai tahun 1990-an, dan kehadirannya telah menggantikan strategi dari pemasaran yang tradisional seperti memasang iklan lewat baliho, koran dan sebagainya. Menggunakan teknologi dalam pemasaran juga didukung oleh para pelanggan yang semakin banyak melakukan belanja secara online.

Untuk contohnya Kamu bisa lihat dipembahasan kategori dalam digital marketing di bawah ini

Apa saja kategori dalam digital marketing?

Sepertinya apa saja kategori dalam digital marketing kita semua sudah mengetahuinya, namun kita baru menyadari bila hal tersebut ternyata termasuk dalam kategori digital marketing. Untuk itu berikut ini adalah kategori dalam digital marketing:
1. SMS Marketing
2. Email Marketing
3. Social Media Marketing
4. Content Marketing
5. Videotron
6. Search Engine Marketing
7. Affiliate Marketing

Jika kamu belum mengetahui kategori diatas, kita akan lanjut membahasnya di bagian bawah artikel ini.

Apa saja bisnis yang bisa menggunakan digital marketing?

Jika dibenak Kamu mulai muncul pertanyaan apa saja sih bisnis yang bisa menggunakan pemasaran digital berarti Kamu sudah mulai penasaran tentang digital marketing. Pemasaran via digital dapat digunakan untuk segala macam bisnis di segala macam industri. Namun pastinya setiap bisnis memiliki cara masing-masing dalam menerapkan pemasaran digitalnya.

Apa saja keuntungan jika menggunakan digital marketing?

Jika kamu sudah menggunakan digital marketing dalam bisnis, maka keuntungannya bisa jadi berbeda dengan keuntungan saat kamu menggunakan marketing tradisional. Pemasaran digital menjadikan pengiklan dapat melihat hasil sesuai waktu data masuk. Dengan pemasaran digital Kamu bisa mengukur Return on Investmen dari berbagai aspek dalam upaya pemasaran.
Dengan pemasaran digital Kamu juga bisa mengukur traffic laman web, bisa mengukur apakah konten kamu berhasil mendapatkan pelanggan, bisa juga menjadi acuan dalam mengukur apakah pemasukan Kamu sudah sesuai dengan pengeluaran.
Sekian sedikit pembahasan tentang digital marketing semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Tetap semangat dan terus berusaha menjadi lebih baik.

Bagaimana cara kerja digital marketing?

Pertama, Kamu harus memiliki sebuah laman website atau laman di marketplace untuk bisnis yang akan Kamu promosikan (barang atau jasa).
Kedua, Kamu harus menerbitkan atau posting artikel yang ingin Kamu promosikan, dalam kata lain Kamu harus memiliki katalog apa yang Kamu promosikan di laman Kamu dan cara ini bisa disebut organic channel/marketing. Setiap Kamu posting konten kreatif, pastikan laman posting memiliki URL yang unik. Tujuannya adalah untuk menautkan URL tersebut di iklan yang akan tampil saat menggunakan campaign digital marketing nantinya.
Ketiga, pilihlah media iklan digital marketing yang sesuai dengan kebutuhan Kamu, cara ini bisa disebut paid channel/marketing. Medianya apa saja ? Simak selengkapnya di pertanyaan selanjutnya.
Keempat, lakukan analisa dari hal yang sudah kamu lakukan di atas. Bagaimana performa lamannya cepat atau lambat. Bagaimana metode beriklan Kamu apakah menghasilkan banyak pengunjung saja atau banyak pelanggan, atau bahkan keduanya. Jika masih sepi pengunjung Kamu bisa lakukan inovasi pada campaign Kamu.

Media apa saja yang bisa digunakan oleh Paid Channel / Marketing?

Kamu bisa menggunakan Google Ads, Facebook Business, dan lainnya.

Berapa gaji digital marketing profesional di Indonesia?

Jika Kamu seorang fresh graduate maka Kamu bisa menerima upah di kisaran 3,9 – 5 juta perbulan.
Jika Kamu telah bekerja dengan profesional selama 1 – 2 tahun di bidang digital marketing, maka Kamu layak untuk menerima upah di kisaran 5 – 8 juta perbulan.
Jika Kamu telah memasuki tahun ke 3 bekerja dengan profesional dalam bidang digital marketing, maka Kamu layak menerima upah sekitar 8 – 15 juta perbulan.
Namun, semua itu biasanya bukan hanya ternilai dari berapa lama Kamu bekerja dibidang digital marketing. Melainkan nominal yang Kamu peroleh dalam dunia digital marketing itu akan ternilai berdasarkan pengalaman dan kemampuan Kamu. Dalam kata lain jika ditahun ke 3 Kamu sudah memiliki banyak pengalaman dan kemampuan, tidak menutup kemungkinan bagi Kamu untuk memperoleh gaji di kisaran 15 juta keatas perbulannya. Bahkan jika dalam 1-2 tahun kamu sudah memperoleh jabatan seperti direktur / chief maka tidak menutup kemungkinan kamu akan memperoleh nominal 25 – 50 juta bahkan rate ini bisa mencapai angka 100 juta perbulan.
Jadi jangan pernah berputus asa untuk belajar karena nantinya Kamu akan memetik hasilnya diakhir.

Berikut ini penjelasan kategori dalam digital marketing:

SMS Marketing

Kategori pemasaran di era awal jenis digital marketing adalah SMS marketing. Dimana para penyedia layanan seluler berlomba menyediakan layanyan iklan melalui Short Message Service kepada setiap perusahaan yang ingin beriklan ke pelanggan pengguna seluler mereka.

SMS Marketing bisa menargetkan penerima iklannya berdasarkan usia, atau lokasi alamat, atau penghasilan, yang tentunya data tersebut sudah dimiliki oleh penyedia seluler. Biasanya digunakan untuk menginformasikan diskon, atau bisa juga menginformasikan produk atau jasa yang terbaru dari mereka, atau bisa juga untuk mendatangkan traffic ke laman website si pemasang iklan.

Email Marketing

Kategori pemasaran email marketing juga merupakan kategori pada era awal pemasaran digital. Dimana pemasarannya dilakukan melalui email. Biasanya unit bisnis telah memiliki database email para pelanggan atau pengikutnya bisa dari registrasi dan semacamnya. Jika kamu belum memilikinya, kamu bisa menyediakan form agar para pelanggan kamu bisa memasukkan email-nya untuk kamu simpan dalam database. Lalu dari data tersebut segala informasi untuk iklan bisa dikirim melalui email ke para pelanggan atau subscriber.

Social Media Marketing

Yap, di era masa kini dimana kebanyakan dari kita memiliki gadget yang smart alias smartphone, atau laptop, atau komputer, atau tablet, pastinya sering mengakses social media. Di social media mana kamu bisa melakukan iklan ? Kamu bisa meletakkan iklan kamu dilaman Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Pinterest, bahkan LinkedIn, dan Snapchat. Tentunya audience-nya adalah followers atau subscribers kamu.

Social media marketing juga bisa dilakukan dengan 2 cara, simak lebih lanjut:

  • Yang pertama adalah beriklan di media sosial dengan iklan yang berbayar. Tentunya iklan berbayar bisa menyesuaikan dengan audience yang kamu inginkan.
  • Kemudian ada yang menggunakan kontennya untuk beriklan yang tentunya gratis.

Content Marketing

Cara pemasaran ini difokuskan kepada pembuatan konten dan pendistribusian konten itu sendiri. Konten harus bersifat relevan dan konsisten sesuai kriteria bisnis agar bisa menarik audience baru dan mempertahankan audience yang sudah ada.

Content marketing juga berhubungan dengan email marketing dan social media marketing dimana keduanya membutuhkan konten yang bagus dalam melakukan pemasaran.

Videotron

Belakangan ini videotron sudah banyak tersedia di jalan-jalan besar kota. Videotron juga sebagai salah satu kategori pemasaran digital karena dari vidoe yang ditayangkan merupakan iklan.

Search Engine Marketing

SEM merupakan suatu cara mengopimisasi visibilita laman web pada laman hasil mesin pencarian (Search Engine Result Page). Dengan ini membantu website kamu untuk tampil di laman utama mesin pencarian sehingga bisa mendatangkan traffic yang memiliki kemungkinan besar menjadi pelanggan kamu.

Sedikit penjelasan semoga tidak bingung ya. Dari hasil SERP bisa menjadi 2 bagian. Bagian pertama, hasil pencarian berupa iklan (berbayar) dan yang kedua adalah hasil pencarian organik (bukan iklan alias gratis). Dari 2 hasil pencarian ini, Search Engine Marketing dibagi menjadi dua bagian, yakni:

  • Pay Per Click (PPC). Setiap Mesin pencarian menyediakan layanan iklan berbayar. Iklan tersebut nantinya dibayar sesuai dengan jumlah orang yang klik konten tersebut dari hasil pencarian. Tiap iklan biasanya keywords yang berbeda atau bisa jadi sama. Misal, kamu pemilik dan pengelola bisnis Ayam Goreng Enak di kota Tangerang Selatan. Kamu bisa memasang PPC dengan keywords “Ayam Goreng Enak di Jakarta”, “Ayam Goreng Enak”, “Tempat Makan Enak di Jakarta”, dan keywords lainnya yang ditujukan agar nantinya laman kamu tampil ketika orang mencari dengan keywords tersebut.
  • Search Engine Optimization (SEO). SEO merupakan cara yang dilakukan supaya alamat situs web kamu berada atau bahkan selalu muncul di halaman pertama dari hasil pencarian berdasarkan keywords tertentu tanpa harus membayarnya. Ada berbagai macam cara dan trik-nya.

Baca juga: Belajar SEO Untuk Pemula

Jadi jika diumpamakan PPC itu umpama kamu menyewa rumah dimana kamu harus selalu membayar uang sewa. Lalu SEO itu umpama kamu membangun rumah ketika rumah sudah jadi, kamu akan dapat menetap disitu selama yang kamu inginkan.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah jenis iklan dimana Kamu dapat beriklan di laman web orang lain atau sebaliknya yaitu orang lain beriklan di laman web Kamu dengan membayar sesuai kesepakatan.

Bagaimana sudah mendapatkan pencerahan tentang digital marketing setelah membaca tulisan ini ? Sekian sedikit pembahasan tentang digital marketing semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Tetap semangat dan terus berusaha menjadi lebih baik.

Pengetahuan Digital Marketing Dasar Untuk Pemula
Kembali ke Atas
error: Silahkan tekan tombol share di bawah artikel jika diperlukan.
×

Hai!

Kamu bisa chat via Whatsapp atau Kamu bisa kirim email untuk ngobrol lebih lanjut ke [email protected]

× Chat Me